Rabu, 02 Maret 2016

Silabus Penulisan Kreatif Sastra (Semester IV Genap T.A 2015/2016)


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP) PARIS BARANTAI KOTABARU
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

SILABUS

Mata Kuliah                           : Penulisan Kreatif Sastra
Sandi / SKS                            : BIND 345 / 2
Semester                                 : IV
Dosen                                      : Normasunah, S.Pd., M.Pd. / Mahliana, S.Pd.

1.      Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menulis karya kreatif sastra. Bahan pembelajaran meliputi perkembangan meliputi perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra yang meliputi konsep dasar kreatif, ciri-ciri manusia kreatif, kreativitas, proses penulisan karya sastra, dan praktik penulisan karya sastra. Kegiatan kuliah meliputi kegiatan kuliah teori di kelas, pengamatan lapangan, kegiatan penulisan, dan diskusi hasil penulisan. Penilaian dilakukan melalui tugas individual, pengamatan, diskusi, dan penilaian hasil karya mahasiswa.

2.      Standar Kompetensi Mata Kuliah
Standar Kompetensi
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan dapat memiliki keterampilan menulis kreatif sastra.
Kompetensi Dasar
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan dapat/mampu:
a.       memahami manfaat menulis untuk menumbuhkan minat dan motivasi menulis;
b.      memahami dan menemukan sumber-sumber inspiratif kreatif penulisan
c.       memahami struktur cerita yang baik
d.      memahami dan mempraktikkan teknik penulisan fiksi;
e.       menulis karya fiksi berupa cerpen dan novel;
f.       memahami dan mempraktikkan cara mempublikasikan karya, baik untuk penerbitan buku maupun media massa.

3.      Skema Perkuliahan

Minggu ke-
Pokok Bahasan
Rincian Pokok Bahasan
Waktu (menit)
1
Perkembangan kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra
·     Konsep dasar kreatif
·     Ciri-ciri manusia kreatif
·     Kreativitas dalam menulis
·     Jenis-jenis tulisan sastra
100
2,3,4
Menulis puisi
·     Unsur-unsur pembangun puisi
·     Memperkaya diksi untuk menulis puisi
·     Praktik menulis puisi
·     Menyusun antologi puisi
300
5,6,7
Menulis naskah drama sederhana
·      Unsur-unsur pembangun drama
·      Membangun dialog
·      Menghidupkan tokoh
·      Praktik menyusun naskah drama sederhana
·      Editing
·      Menyusun antologi naskah drama
300
8
Ujian Tengah Semester (UTS)
9
Menulis cerpen
·      Sumber inspirasi/ide menulis cerpen
·      Teknik penulisan cerpen: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita
·      Proses kreatif para sastrawan menulis cerpen
100
10,11
Menulis cerpen dengan model
·      Membaca sebuah cerpen dan menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya
·      Menulis outline cerpen dengan model cerpen yang sudah dibaca
·      Menyusun outline cerpen sebagai tulisan cerpen utuh
200
12,13
Presentasi dan diskusi cerpen
·     Presentasi cerpen yang telah disusun dengan pendekatan model
·     Revisi dan editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi
200
14,15
Penyusunan antologi cerpen
·      Bagian-bagian dalam antologi cerpen
·      Editing
·      Layout
·      Menyusun antologi cerpen bersama
200
16
Ujian Akhir Semester (UAS)

4.      Strategi dan Metode Pembelajaran
Strategi pembelajaran        : CTL, Project Based Learning
Metode pembelajaran        : ceramah tanya jawab, diskusi, praktik penugasan, dan lain-lain.


5.   Media dan Sumber Pembelajaran
Media                                : LCD, Internet
Sumber pembelajaran        : a) buku-buku rujukan, b) karya-karya sastra, baik puisi, drama,
                                           maupun fiksi, c) situs-situs sastra di internet.
6.   Buku Sumber
1.   Kurniawan, Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta. Prenadamedia Group.
2.   Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
3.   Yunus, Syarifudin. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor. Ghalia Indonesia.
4.   Wicaksono, Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta. Garudhawaca.

7.   Evaluasi
Evaluasi dilakukan terhadap proses (keaktifan dalam pembelajaran) dan hasil tulisan yang dihasilkan.
No.
Komponen Evaluasi
Bobot
1.
Partisipasi kuliah
10%
2.
Tugas
30%
3.
Ujian tengah semester
30%
4.
Ujian akhir semester
30%

Jumlah
100%

Kotabaru, 29 Februari 2016
Dosen Pengampu



Mahliana, S.Pd.
NIDN. -

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar