SEKOLAH
TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
(STKIP)
PARIS BARANTAI KOTABARU
PENDIDIKAN
BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SILABUS
Mata
Kuliah :
Penulisan Kreatif Sastra
Sandi
/ SKS : BIND 345
/ 2
Semester : IV
Dosen :
Normasunah, S.Pd., M.Pd. / Mahliana, S.Pd.
1. Deskripsi Mata Kuliah
Mata
kuliah ini bertujuan memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk menulis karya
kreatif sastra. Bahan pembelajaran meliputi perkembangan meliputi perkembangan
kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra yang meliputi konsep dasar
kreatif, ciri-ciri manusia kreatif, kreativitas, proses penulisan karya sastra,
dan praktik penulisan karya sastra. Kegiatan kuliah meliputi kegiatan kuliah
teori di kelas, pengamatan lapangan, kegiatan penulisan, dan diskusi hasil
penulisan. Penilaian dilakukan melalui tugas individual, pengamatan, diskusi,
dan penilaian hasil karya mahasiswa.
2. Standar Kompetensi Mata Kuliah
Standar
Kompetensi
Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa
diharapkan dapat memiliki keterampilan menulis kreatif sastra.
Kompetensi Dasar
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa
diharapkan dapat/mampu:
a. memahami
manfaat menulis untuk menumbuhkan minat dan motivasi menulis;
b. memahami
dan menemukan sumber-sumber inspiratif kreatif penulisan
c. memahami
struktur cerita yang baik
d. memahami
dan mempraktikkan teknik penulisan fiksi;
e. menulis
karya fiksi berupa cerpen dan novel;
f. memahami
dan mempraktikkan cara mempublikasikan karya, baik untuk penerbitan buku maupun
media massa.
3. Skema Perkuliahan
Minggu
ke-
|
Pokok
Bahasan
|
Rincian
Pokok Bahasan
|
Waktu
(menit)
|
1
|
Perkembangan
kemampuan dasar menulis karya kreatif bidang sastra
|
·
Konsep dasar kreatif
·
Ciri-ciri manusia kreatif
·
Kreativitas dalam menulis
·
Jenis-jenis tulisan sastra
|
100
|
2,3,4
|
Menulis
puisi
|
· Unsur-unsur
pembangun puisi
· Memperkaya
diksi untuk menulis puisi
· Praktik
menulis puisi
· Menyusun
antologi puisi
|
300
|
5,6,7
|
Menulis
naskah drama sederhana
|
· Unsur-unsur
pembangun drama
· Membangun
dialog
· Menghidupkan
tokoh
· Praktik
menyusun naskah drama sederhana
· Editing
· Menyusun
antologi naskah drama
|
300
|
8
|
Ujian Tengah Semester (UTS)
|
||
9
|
Menulis
cerpen
|
· Sumber
inspirasi/ide menulis cerpen
· Teknik
penulisan cerpen: pengembangan alur, tokoh, dan latar cerita
· Proses kreatif
para sastrawan menulis cerpen
|
100
|
10,11
|
Menulis
cerpen dengan model
|
· Membaca sebuah
cerpen dan menganalisis pengembangan alur, tokoh, dan latar ceritanya
· Menulis
outline cerpen dengan model cerpen yang sudah dibaca
· Menyusun
outline cerpen sebagai tulisan cerpen utuh
|
200
|
12,13
|
Presentasi
dan diskusi cerpen
|
· Presentasi
cerpen yang telah disusun dengan pendekatan model
· Revisi dan
editing sesuai dengan masukan-masukan dan saran hasil diskusi
|
200
|
14,15
|
Penyusunan
antologi cerpen
|
· Bagian-bagian
dalam antologi cerpen
· Editing
· Layout
· Menyusun
antologi cerpen bersama
|
200
|
16
|
Ujian Akhir Semester (UAS)
|
4. Strategi dan Metode Pembelajaran
Strategi
pembelajaran : CTL, Project Based
Learning
Metode
pembelajaran : ceramah tanya jawab,
diskusi, praktik penugasan, dan lain-lain.
5. Media dan Sumber Pembelajaran
Media : LCD, Internet
Sumber
pembelajaran : a) buku-buku
rujukan, b) karya-karya sastra, baik puisi, drama,
maupun fiksi, c) situs-situs sastra di
internet.
6. Buku Sumber
1. Kurniawan,
Heru. 2015. Pembelajaran Kreatif Bahasa
Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta. Prenadamedia Group.
2. Kurniawan,
Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif
Berbasis Komunikatif dan Apresiatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
3. Yunus,
Syarifudin. Kompetensi Menulis Kreatif.
Bogor. Ghalia Indonesia.
4. Wicaksono,
Andri. 2014. Menulis Kreatif Sastra dan
Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta. Garudhawaca.
7. Evaluasi
Evaluasi
dilakukan terhadap proses (keaktifan dalam pembelajaran) dan hasil tulisan yang
dihasilkan.
No.
|
Komponen
Evaluasi
|
Bobot
|
1.
|
Partisipasi kuliah
|
10%
|
2.
|
Tugas
|
30%
|
3.
|
Ujian tengah semester
|
30%
|
4.
|
Ujian akhir semester
|
30%
|
|
Jumlah
|
100%
|
Kotabaru,
29 Februari 2016
Dosen
Pengampu
Mahliana,
S.Pd.
NIDN.
-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar